Rabu, 23 Desember 2009

Dunia Pariwisata Dinilai Menjanjikan, SMK PGRI Siapkan Jurusan Perhotelan

SELAIN gedung yang cukup luas, juga dilengkapi sarana pendukung pembelajaran.

Meski berada di daerah, namun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Subang bertekad untuk menyiapkan lulusannya bisa menembus pasar kerja di kota-kota besar.

oleh: PIRDAUS, Subang

Staf pengajar jurusan perhotelan, Yuki Ishak Dipl Phn, pihaknya menjanjikan pelajar binaannya yang telah teruji dalam kompetensi yang akan dilakukan di sekolah. Pada angkatan pertama ini sejumlah pelajar angkatan terahir tahun pelajaran 2009-2010 akan diuji di hotel berbintang di Bandung yang berstandar internasional.

Di mana uji kompetensi pada sekitar bulan Mei mendatang, pelajar yang akan meraih sertifikat uji kompetensi di hotel berbintang akan menjadi bekal berharga bagi pelajar SMK PGRI Subang, hususnya pada saat melamar dihotel maupun restoran sesuai jurusannya. “Di tempat praktek nantinya pelajar akan berpenampilan serta menonjolkan sikap-sikap pelajar perhotelan SMK PGRI Subang cukup meyakinkan bahwa mereka setelah sekian lama digodok di sekolah ini sangat menjiwai dunia pariwisata, mempunyai seragam jurusan yang khas dan cukup berani tampil beda adalah langkah awal percaya diri dalam menghadapi dunia kerja yang sangat bersaing,” ujar Yuki.

Sementara menurut Kepala Sekolah SMK PGRI Subang, Dra Sri Mulyati MMPd, pendidikan di sekolahnya berdasar pada kebutuhan negara ini dengan melirik industri parawisata di Indonesia mulai menampakan geliatnya lagi, apabila dilirik dari sisidunia bisnis walau sempat mengalami penurunan akibat sempat terjadi ledakan bom di berbagai tempat wisata dan hotel srrta isu teroris dan bencana alam yang melanda tempat-tempat wisata. Namun, menurutnya, kini bisnis parawisata khusunya perhotelan telah menunjukan tanda-tanda kemajuan yang cukup signifikan. Hal itu ditandai dengan maraknya pembangunan hotel-hotel berbintang di berbagai daerah serta tempat-tempat wisata yang dibangun maupun yang direhab kembali.

Melihat pertanda baik seperti itu, katanya, SMK PGRI Subang yang tadinya hanya mempunyai empat jurusan dalam tiga tahun terahir telah membuka dan merintis jurusan baru yaitu akomodasi perhotelan. “Saya selaku Kepala SMK PGRI Subang cepat menangkap peluang dalam bidang perhotelan dengan membuka jurusan akomodasi perhotelan, hal itu dilakukan guna mempersiapkan SDM-SDM pelajar di sini yang handal dan profesional di bidang pariwisata dan perhotelan,” ucapnya.

Ditambah lagi, lanjut Sri, gebyar SMK yang saat ini betul-betul mendapat support dari pemerintah telah menjadi dorongan untuk terus membenahi jurusan baru ini di SMK PGRI Subang. Dicanangkannya tahun 2010 akan meluluskan sekitar 31 pelajar angkatan pertamanya dari jurusan akomodasi perhotelan. Para pendidik yang sudah dipersiapkan, terutama diambil dari tenaga-tenaga praktisi yang berpengalaman di bidang perhotelan kini terus melakukan inovasi dalam program pendidikan dijurusan perhotelan tersebut. “Keberhasilan sejumlah pelajar yang saat ini telah dilirik perhotelan berbintang atas hasil kerja keras kami dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai kebutuhan dalam mencetak pelajar berkualitas,” terang Sri. (*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

NumberOfComments

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
 
Copyright © Subang Raya
Design by Eko Subang