Selasa, 15 September 2009

Harga Cabe di Pasar Pemda Cikampek Melonjak

MULAI NAIK: Harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan.

CIKAMPEK, RAKA - Memasuki akhir Ramadhan, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang cukup tajam. Untuk harga cabe merah misalnya, saat ini harganya mencapai Rp 26.000 per kilogram. Padahal sebelumnya harga cabe merah hanya mencapai Rp 16.000 per kilogram.

Kenaikan tersebut dipicu oleh suasana menjelang lebaran, diperkirakan kenaikan masih akan terjadi ketika lebaran semakin dekat. Hal tersebut dikatakan pedagang sembako di Pasar Pemda Cikampek, Mamah (65) saat ditemui RAKA, Senin (14/9) siang. Dia melanjutkan, selain cabe merah, cabe rawit juga mengalami kenaikan, harganya saat ini mencapai Rp 12.000 per kilogram. Tapi tidak semuanya kebutuhan lebaran ikut naik, ada pula harga sayuran yang tetap stabil.
Terbitkan Entri

Untuk kentang misalnya, tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan sejak awal puasa, harganya masih dalam kisaran Rp 5.800 per kilogram. Kenaikan tersebut, dinilainya biasa. Pasalnya menjelang hari raya lebaran, kenaikan biasa terjadi. "Setiap tahun juga terjadi ketika menjelang lebaran. Dan kemungkinan kenaikan akan terus terjadi, karena lebaran masih beberapa hari lagi," tuturnya. Ditambahkannya, pasokan kebutuhan pokok menjelang lebaran, dinilainya tetap aman. Dia tidak kesulitan mencari barang untuk dijual saat lebaran, walaupun harganya mengalami peningkatan.

Masyarakat tidak perlu khawatir akan kebutuhan lebaran tidak bisa dipenuhi, pasokan tetap tersedia. "Biasanya kalau mau lebaran dari semua tingkatan masyarakat selalu ingin merayakannya dengan meriah dan memasak makanan khas lebaran. Pasokan barang saat ini masih tersedia, tidak sulit untuk mendapatkannya. Mungkin harganya saja yang mengalami kenaikan," ungkapnya. Berbeda dengan harga sayuran, harga daging sapi saat ini masih stabil. Lima hari menjelang lebaran, harganya belum mengalami kenaikan.

Saat ini harga daging sapi di Pasar Pemda Cikampek mencapai Rp 55 ribu perkilogram. Diperkirakan, mendekati lebaran, harga tersebut akan mengalami kenaikan. Tapi kenaikan tersebut tidak akan terlalu signifikan. Kemungkinan harga daging sapi akan mengalami kenaikan hingga mencapai harga Rp 60 ribu. "Harga daging sapi masih stabil, tidak mengalami kenaikan yang berarti. Kalau lebaran sudah dekat biasanya harganya mengalami kenaikan, tapi tidak terlalu tinggi," tutur pedagang daging sapi di Pasar Pemda Cikampek, Tastam (55).

Dilanjutkannya, walaupun harganya belum mengalami kenaikan, tapi daya beli masyarakat terhadap daging sapi masih minim. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, daya beli masyarakat mengalami penurunan. Masyarakat lebih banyak yang membeli daging ayam ketimbang daging sapi. Sehingga penjualan daging sapi menjadi menurun. "Kalau dulu H-6 lebaran, pembeli cukup ramai. Tapi sekarang menurun. Kebanyakan masyarakat mengkonsumsi daging ayam. Paling pembeli mengalami peningkatan dua atau satu hari menjelang lebaran. Setelah itu biasa lagi," tutupnya. (asy)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

NumberOfComments

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
 
Copyright © Subang Raya
Design by Eko Subang