Kamis, 06 Agustus 2009

Tujuh Ribu Anggota Gerakan Pramuka di Kabupaten Subang Penuhi Ranggawulung


SUBANG, RAKA -
Sebanyak 7 ribu anggota Gerakan Pramuka dari berbagai kecamatan di Kabupaten Subang memadati Bumi Perkemahan Ranggawulung yang berlokasi sekitar 2 kilometer dari pusat kota, Rabu (5/8). Kedatangan mereka, menurut Kabid Humas dan Protokol Kwarcab Pramuka Kabupaten Subang Dally Kardilan, dilakukan guna berkemah selama 5 hari pada kegiatan yang bertajuk 'Gema Pramuka ke-49' dan merupakan agenda rutin 2 tahun sekali dalam rangkaian HUT ke-49 Pramuka sekaligus merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64.

Gema Pramuka yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Subang yang juga Wakil Ketua Majelis Pembina Kwarcab Pramuka Kabupaten Subang Ojang Sohandi SSTP, dihadiri oleh Ketua Kwarcab Pramuka Subang H Bambang Heryanto, Dandim 0605 Subang Letkol Inf Stepanus Mahury, Wakapolres Subang Kompol Guntur FS SIK, perwakilan dari Yonif 312 KH, Lanud Suryadarma dan unsur dinas intansi serta para Pembina Gugus Depan dan Satuan Karya.

Ketua Penyelenggara Gema Pramuka Drs Idrus Gunawan mengatakan, jumlah peserta mencapai 7000 orang terdiri dari peserta didik, pelatih, Pembina dan peserta raimuna. "Kita besyukur dengan jumlah peserta yang cukup membludak, walaupun 3 kecamatan yaitu Pusakajaya, Tambakdahan dan Cijambe masih belum datang," ungkapnya.

Hanya yang dia sayangkan partisipasi dari dinas terkait terutama PLN untuk penerangan agak lambat padahal pada saat pembukaan rencananya akan demo langsung meneropong luar angkasa. "Gema kali ini ada keunikan karena kita bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sehingga peserta bisa langsung meneropong bintang, matahari maupun benda yang ada di luar angkasa," ujarnya.

Sebab tujuan dari kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga membina mental dan fisik serta kepemimpinan, pengetahuan dan wawasan. "Mudah-mudahan besok hari sudah bisa nyala aliran listriknya sehingga tidak mengganggu secara keseluruhan acara kegiatan gema," harap Idrus.

Bupati Subang, Eep Hidayat dalam kata sambutannya yang dibacakan Wakilnya, Ojang Sohandi, berharap kegiatan gema Pramuka dapat memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat juang adik-adik Pramuka, generasi muda umumnya dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Subang. Seperti halnya desa dan kelurahan mandiri gotong royong.

"Manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi kaum muda, dengan tekad dan semangat Pramuka sebagai pejuang memajukan bangsa Indonesia dan rakyat kabupaten Subang," ingatnya sambil berpesan untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk terus memelihara Bumi Perkemahan Ranggawulung sebagai lokasi kebanggaan Pramuka dan masyarakat. "Cintailah Kabupaten Subang dan cintailah Pramuka kita," tegas Eep. (eko)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

NumberOfComments

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
 
Copyright © Subang Raya
Design by Eko Subang