Selasa, 21 Juli 2009

Pemkab Karawang Data Intensifikasi Pajak




KARAWANG, RAKA
– Pemerintah Karawang saat ini gencar menggelar pendataan intensifikasi PKB, BBNKB, air permukaan dan air bawah tanah. Sasarannya perusahaan di kawasan zona dan kawasan industri dan masyarakat sebagai pemakai atau pengguna empat sasaran tersebut.

Dasar dari pelaksaanaan kegiatan tersebut yakni keputusan Bupati Karawang Nomor 973.05/Kep.271-Huk/2009, tanggal 12 Maret 2009 tentang Pembentukan Tim Intensifikasi Pajak PKB, BBNKB, PBBKB, air permukaan dan air bawah tanah Kabupaten Karawang Tahun 2009 dan SP (Surat Perintah)  Bupati Karawang Nomor 800/1878/DPPKAD dan Nomor 800/1879/DPPKAD tanggal 5 Juni 2009.     

Hal itu diungkapkan PPTK kegiatan intensifikasi PKB, BBNKB, air pemukaan dan air bawah, Drs. Dedi Nuryadi, baru-baru ini.
Sedangkan pelaksanaan pendataan, lanjut Dedi, dilaksanakan oleh tim yang berasal dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai kaitan langsung dengan pajak kendaraan Bermotor, BBNKB, Air Permukaan dan Air Bawah Tanah.

Dan, dibagi menjadi 8 tim dengan unsur keanggotaan terdiri dari, Kantor Unit Pelayanan Pajak  Daerah (UPPD X) Jawa Barat, Polres Karawang, DPPKAD Kab.

Karawang, Dinas Perindustrian, Perdagangan Pasar Pertambangan dan Energi, Dinas Perhubungan Kominfo, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, Kantor Satpol pamong Praja dan Bagian Hukum Setda kab. Karawang.

"Sasaran pendataan meliputi perusahaan-perusahaan yang berada baik di zona, kawasan, kawasan berikat dan diluar zona dengan target sasaran pendataan 679 perusahaan berskala besar,  menengah dan bank-bank swasta nasional serta BUMN yang ada di Kabupaten Karawang," ucap Dedi.

Dan sebelum dilaksanakan pendataan terlebih dahulu diterjunkan tim pendahuluan yang melakukan tugas mendistribusikan Surat Edaran Bupati Karawang tentang Pajak Kendaraan Bermotor, BBNKB, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Air Permukaan dan Air Bawah Tanah ke seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang, tambah Dedi.

Dikatan Dedi, tahap awal dari kegiatan itu, pelaksanaan pendataannya  dimulai tanggal 10 Juni 2009 s.d. 11 Juli 2009, diawali dengan acara pelepasan tim pendataan oleh Bupati Karawang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang pada Apel Pagi bertempat di Plaza Kantor Bupati Karawang. Tahap pertama pendataan dilaksanakan dari tanggal 11 Juni s.d. 17 Juni 2009 dengan target sasaran mencapai 264 perusahaan.

Walhasil, dari pencapaian Kinerja Tim, kata Drs. Dedi Nuryadi, tahap I pendataan pencapaian kinerja tim sebagai berikut , Jumlah Perusahaan Terdata 61, jumlah Kendaraan Bermotor Roda 4, 475, jumlah Kendaraan Bermotor Roda 2, 20 dan yang telah BBNKB 224.

Sedangkan Pajak Air Permukaan dan Air bawah Tanah jumlah Perusahaan Terdata 64, jumlah Titik Air 44, Air Permukaan 44, Air bawah Tanah 44. "Pusahaan di atas, adalah perusahaan yang telah memberikan data-data dan telah direkapitulasi di sekretariat Tim Intensifikasi) dan Sisa perusahaan yang belum mengembalikan formulir sebanyak 200 perusahaan," ujar Dedi.

Sementara, lanjut dia, hambatan dan kendala pelaksanaan pendataan dilapangan menemui tantangan dan hambatan yang cukup berarti. Yakni tanggapan dari perusahaan yang beragam dan prosedur untuk mendapatkan akses ke perusahaan sangat sulit.

Dan kalaupun ada diterima oleh petugas keamanan, banyak yang mengklaim Surat Edaran belum diterima, walaupun tanda terima Surat Edaran telah diperlihatkan serta himbauan yang diberikan melalui surat edaran tidak ditanggapi dengan alasan data belum terkumpul, kemudian prosedur dengan pihak perusahaan untuk melakukan pertemuan sangat berbelit.

Kendati demikian, kata Dedi, bahan tindak lanjut hasil pendataan akan dibahas oleh Tim Intensifikasi dan UPPD X Jawa Barat melalui rapat rekonsiliasasi yang akan dilaksanakan Juli ini juga. (raka)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

NumberOfComments

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
 
 
 
Copyright © Subang Raya
Design by Eko Subang